Sabtu, 06 Desember 2008

KANKER RAHIM

“Keadaan itu punya arahnya sendiri, dan mungkin akan menampakkan sisi buruk yang dipuja-puja. Tidak ada selain Allah swt yang dapat menyingkapnya…”

KANKER :
KANKER RAHIM
KANKER rahim juga disebut kanker uterus atau endometrial. ‘Endometrium’ adalah kisi-kisi dinding rahim. Di situlah biasanya kanker bermula. Bila tak segera diatasi, kanker bisa menyebar dan akhirnya ‘menguasai’ rahim itu sendiri serta bagian-bagian tubuh lainnya. Perempuan yang beresiko terserang kanker rahim :
· Yang usianya sudah lebih dari 40 tahun, khususnya bila sudah memasuki masa menopause.
· Yang kegemukan/kelebihan berat badan
· Yang mengidap kencing manis/penyakit gula/diabetes
· Yang menjalani pengobatan dengan hormon estrogen tanpa disertai hormon progesteron.
TANDA-tanda kanker rahim :
· Darah haid berlebihan
· Haid tak teratur, atau datang di waktu-waktu yang tak seperti biasanya
· Terjadi pendarahan sesudah menopause.
PENTING !! Bila Anda tidak mendapat haid sama sekali, bahkan sekedar bercak ringan pun tidak, sesudah Anda menopause (artinya, Anda sudah 12 tahun berturut-turut tidak mendapat haid), periksakan diri apakah ada kanker atau tidak.
MENEMUKAN dan merawat pengidap kanker rahim : Untuk mengetahui apakah seseorang perempuan mengidap kanker rahim atau tidak, seorang pekerja kesehatan yang terlatih harus mengerok bagian dalam rahimnya, atau melakukan biopsy, lalu mengirim contoh jaringan ke laboratorium untuk diteliti. Bila ternyata ditemukan sel-sel kanker, perempuan itu harus dirawat sesegera mungkin sebelum kankernya menyebar dan mengganas. Caranya, dilakukan operasi pengangkatan rahim (histerektomi). Mungkin terapi penyinaran (radiasi) juga dapat menolong.
HISTEREKTOMI (pengangkatan rahim) :
PASIEN yang mengidap kanker rahim disembuhkan melalui operasi yang dinamakan histerektomi. Kadang hanya rahimnya saja yang harus diangkat, namun ada kalanya saluran telur dan indung telur juga ikut diangkat. Lantaran indung telur juga menghasilkan hormon-hormon yang membantu melindungi tubuh perempuan dari penyakit jantung dan lemah tulang, bicarakan dulu dengan dokter apakah mungkin operasi dilakukan tanpa mengangkat indung telur….. ¨
PENTING !! Perempuan mana pun yang usianya sudah melebihi 40 tahun dan mengalami pendarahan yang tak lazim harus memeriksakan diri untuk mengetahui apakah terkena kanker atau tidak.
*****

Tidak ada komentar: