Sabtu, 06 Desember 2008

KANKER & TUMOR


KANKER :

KANKER adalah penyakit parah yang bisa menyerang banyak bagian tubuh. Bila diatasi saat masih dini atau belum menyebar, biasanya pengidap kanker masih bisa sembuh; namun bila terlambat diobati atau kanker sudah mengganas, nyawanya bisa terancam. Banyak pasien kanker terlambat memperoleh pengobatan, bahkan sebagian diantaranya sama sekali tak mendapatkan pengobatan. Dari banyak pengidap kanker yang meninggal, PEREMPUAN sangat menonjol, karena umumnya mereka tidak mencari pertolongan medis atau tidak dicarikan bantuan bila belum benar-benar sakit sampai tak bisa bangun atau bergerak lagi.
JADI kanker bebas berkembang biak melumpuhkan tubuh perempuan dan baru ketahuan setelah memasuki tahap ganas atau lanjut. Bahkan dunia kedokteran modern pun tak bisa berbuat apa-apa kalau pasien sangat telat dibawa ke rumah sakit.
KETERLAMBATAN ini juga ada hubungannya dengan kepercayaan yang keliru, atau takhayul, bahwa perempuan pengidap kanker adalah ‘perempuan yang dikutuk’. Keluarga dan kenalannya mengasingkan dia. Kasus-kasus pengucilan perempuan pengidap kanker bukan hanya merugikan perempuan itu sendiri saja ¾meski ia harus kehilangan nyawanya¾ tetapi seluruh masyarakat sendiri ikut menanggung kerugian, sebab tak seorangpun jadi paham tentang kanker, dan karena tak mengerti seluk beluknya, kalau kena kanker mereka takkan segera tahu. Karena tak segera tahu, terjadi kelambanan dalam mencari pertolongan medis. Lagi-lagi nyawa melayang sia-sia. Lingkaran setan ini terus berlanjut bila tidak ada perubahan menyeluruh.
SEMUA makhluk hidup ¾tumbuhan, hewan, dan manusia¾ memiliki tubuh yang terbuat dari sel-sel. Sel-sel ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, melainkan hanya nampak dengan alat.
SEL-SEL kanker amat sangat kecil. Anda hanya bisa melihatnya lewat mikroskop. Sel-sel ini memungkinkan tubuh Anda menjadi seperti sekarang, tumbuh dari kanak-kanak sampai dewasa. Namun ada kalanya sel-sel itu berubah dan mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Muncullah daging tumbuh atau benjolan. Inilah TUMOR. Ada tumor yang jinak dan ada yang ganas. Sebagian tumor, benjolan, atau daging tumbuh ini bisa hilang sendiri dengan pengobatan; tapi sebagian lainnya nekat bertahan, tumbuh makin besar, atau merambat makin jauh, dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sebagian besar tumor/daging tumbuh/benjolan tidak berkembang sampai menjadi kanker. Tapi yang sedikit itu mengancam nyawa pengidapnya.
KANKER mulai terbentuk saat sebagian sel tubuh Anda mulai berkembang tak terkendali, dan menguasai suatu bagian tubuh. Kalau sel-sel yang ‘memberontak’ ini ditemukan sejak masih dini, ia bisa ditumpas lewat operasi. Bisa juga dilenyapkan melalui obat atau radiasi (penyinaran). Peluang pengidapnya untuk sembuh cukup besar. Tetapi, sekali kanker dibiarkan menyebar tanpa diapa-apakan, ia makin sulit diatasi, dan akhirnya kesembuhan menjadi nyaris mustahil.
JIKA saat sekarang Anda sedang menderita sakit, maka bersemangatlah, dan bertawakallah kepada Allah swt. Jika Anda telah kehilangan putra-putri, kekasih, bapak, ibu, dan sahabat, maka bersabarlah….. Tidak ada airmata yang berlinang selamanya. Dan jika Anda sedang bersedih dan gundah gulana, semoga Allah swt memberikan pahala yang besar, meningkatkan derajat dan menambal kekurangan Anda. Sebagaimana firman Allah swt :
“Minta tolonglah (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”
(Q.S. Al Baqarah : 45)
SABAR dan iman itu bagaikan kepala dan tubuh. Karena itu, bergembiralah dengan pahala akhirat, yaitu surga Firdaus, yang berada di sisi Allah Yang Maha Esa, dan surga Aden dan tempat yang besar. Semua itu sebagai ganjaran atas apa yang Anda perbuat dan kerahkan. Selamat untuk Anda. Inilah iman, sabar dan menahan diri. Anda akan tahu bahwa Anda selalu beruntung. Berbahagialah orang-orang yang sabar……………. ¨
 
KANKER :
APA ITU KANKER ?





SEMUA orang bisa mengidap kanker ¾laki-laki maupun perempuan. Kanker yang paling umum menyerang perempuan adalah kanker mulut rahim, kanker rahim, dan kanker payudara. Sedangkan jenis-jenis kanker lain yang menyerang perempuan maupun laki-laki adalah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker hati (liver), kanker perut, kanker mulut, dan kanker kulit.
SEBAB-sebab langsungnya tak diketahui. Namun ada hal-hal tertentu yang bisa menyebabkan Anda lebih mungkin mengidap kanker:
  • Bila Anda merokok atau mengunyah tembakau tiap hari, karena nikotin yang terkandung dalam tembakau menyebabkan kanker paru-paru (sekaligus memperbesar resiko terkena kanker-kanker lain).
  • Bila Anda terkena infeksi-infeksi virus tertentu, misalnya hepatitis B atau bisul-bisul di daerah genital.
  • Bila Anda terbiasa makan makanan yang banyak mengandung lemak atau tercemar oleh bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Bila Anda memakai obat-obatan tertentu secara tidak tepat/tak sesuai dosis dan aturan pakainya, antara lain pengobatan hormon.
  • Bila Anda tinggal atau bekerja di sekitar bahan-bahan kimia tertentu (obat pembasmi hama, bahan pewarna, cat, dan larutan pengencer).
  • Bila Anda tinggal atau bekerja di sekitar reactor atau pembangkit tenaga nuklir.
SELAIN hal-hal di atas, ada pula resiko keturunan. Artinya, bila sanak saudara sedarah Anda mengidap jenis kanker tertentu, ada kemungkinan Anda juga memilikinya.
KANKER bisa ditangkal dengan hidup sehat, antara lain:
  • Makan makanan bergizi.
  • Jangan merokok atau mengunyah tembakau.
  • Usahakan menghindari bahan-bahan kimia di sekitar rumah maupun tempat kerja.
  • Usahakan hindari bahan pangan atau makanan olahan yang dibudidayakan atau diolah dengan bantuan bahan-bahan kimia.
  • Lindungi diri dari penularan penyakit-penyakit lewat hubungan seksual.

Tidak ada komentar: