Sabtu, 06 Desember 2008

MASALAH-MASALAH SEPUTAR INDUNG TELUR

“Bersabarlah menghadapi manis dan pahitnya hidup, karena kebiasaan sabar akan mendekatkan kepada kebijaksanaan…”
KANKER :
MASALAH-MASALAH
SEPUTAR INDUNG TELUR
KISTA :
KISTA bisa muncul di indung telur (ovarium) Anda. “Kantong” berisi cairan ini hanya muncul di indung telur perempuan yang masih produktif (di masa subur, antara masa puber sampai sebelum menopause). Kista dapat menyebabkan rasa sakit di salah satu sisi bagian bawah perut, dan mengakibatkan haid tak teratur. Namun seringkali tanda-tanda ini terabaikan, dan perempuan yang memiliki gejala-gejala itu baru tahu bahwa indung telurnya ditumbuhi kista saat diperiksa oleh dokter untuk keluhan lain atau saat pemeriksaan rutin terhadap organ-organ peranakan.
SEBAGIAN besar kista hanya bertahan selama beberapa bulan, lalu lenyap dengan sendirinya. Namun, ada juga yang lantas tumbuh makin besar dan hanya bisa diatasi lewat pembedahan. Segera periksakan diri jika Anda mengalami sakit yang tak tertahankan di satu sisi bagian bawah perut.
KANKER INDUNG TELUR :
JARANG ditemukan kasus kanker di indung telur. Bila ada, umumnya penderita tidak merasa menemukan gejala-gejala apapun. Pekerja kesehatan yang melakukan pemeriksaan organ-organ peranakan menduga pasiennya terkena kanker indung telur bila ia merasa indung telur pasiennya lebih besar dari ukuran yang lazim. Penyembuhan penderita kanker indung telur sangat sulit dilakukan. Biasanya dokter memberi obat, terapi penyinaran, dan operasi……. ¨
*****

Tidak ada komentar: