Senin, 22 Desember 2008

MENJAGA & MERAWAT KESEHATAN

MENJAGA
DAN MERAWAT KESEHATAN

SAMA seperti tubuh gadis remaja yang mengalami perubahan selagi ia beranjak dewasa, tubuh Amda pun akan berubah ketika menjelang usia senja. Menopause serta penuaan menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan dalam kekuatan tulang, otot, persendian, dan kelenturan. Secara umum, sejak masih muda sebaiknya Anda merawat kesehatan supaya kelak lebih nyaman hidup di usia lanjut.

MAKANLAH DENGAN BAIK
Anda butuh makanan bergizi agar tubuh kuat dan bisa melawan penyakit. Makin bertambah usia, kebutuhan Anda akan jenis-jenis makanan tertentu juga kian meningkat. Semasa menopause, karena tubuh Anda mengurangi produksi estrogen, sebaiknya Anda menambah makanan yang bisa membantu mengelakkan problema penyusutan estrogen ini: kacang kedelai, taoge, dan kacang-kacangan lain. Tulang Anda akan makin lemah seiring dengan bertambahnya usia. Makanlah banyak bahan pangan berkalsium tinggi.

BILA ANDA KEHILANGAN NAFSU MAKAN
Makin lanjut usia Anda, barangkali makin menurun nafsu makan Anda. Ini bisa terjadi akibat penurunan daya penciuman dan daya pencecap (makin tak peka terhadap bau dan rasa makanan). Atau, di usia lanjut, baru mulai makan pun mungkin Anda sudah merasa kenyang. Tapi tidak benar bila usia lanjut berarti mengurangi makan. Makanan bergizi adalah kebutuhan segala usia. Bila Anda memiliki anggota keluarga berusia senja, doronglah ia agar terus makan seperti dulu, dan jaga keragaman makanan yang disantapnya.

BANYAK-BANYAKLAH MINUM
Makin bertambah usia, makin menurun kadar air dalam tubuh. Banyak orang berusia lanjut yang sengaja mengurangi minum karena takut mengompol di malam hari bila terlambat ke kamar mandi; banyak yang tak ingin harus bangun di malam hari untuk buang air kecil.

Padahal, bila minum dikurangi, Anda bisa terancam kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, minumlah kira-kira 8 gelas per hari. Tak perlu berpuasa minum agar tak terbangun untuk buang air di malam hari. Cobalah untuk banyak minum di siang hari dan ‘puasa’ (tidak minum) hanya dalam 2 atau 3 jam sebelum tidur saja.

BANYAKLAH BERGERAK
Kegiatan sehari-hari yang biasa Anda kerjakan bisa termasuk olahraga yang cukup untuk menjaga kesehatan di usia senja. Berjalan kaki di dalam rumah, di halaman, ke warung, ke rumah tetangga, dan lain-lain pun termasuk olahraga lanjut usia. Begitu juga bila Anda bermain-main dengan cucu, memasak, berkebun. Bila Anda cukup banyak bergerak, otot dan tulang akan tetap kuat, dan mencegah pegal-linu atau kakunya persendian. Selain itu, olahraga teratur di atas akan membantu menjaga berat badan dan mencegah penyakit jantung.

MENGATASI PENYAKIT SEDINI MUNGKIN
Sebagian orang mengira, usia lanjut dengan sakit-sakitan berkepanjangan. Tapi anggapan ini tidak benar. Kalau Anda berusia senja dan merasa tak enak badan, kemungkinan besar Anda terserang penyakit tertentu yang bisa ditanggulangi, dan bukan karena Anda menua. Gejala penyakit harus diatasi sedini mungkin,

TETAPLAH AKTIF, SEMANGAT JANGAN KENDOR
Perempuan, berapa pun umurnya, akan lebih sehat dan lebih bahagia kalau ia aktif dan produktif, atau melakukan hal-hal yang berguna. Bila Anda menjalani usia senja sambil berpangku-tangan, Anda akan merasa sakit-sakitan dan tak berdaya, kehilangan semangat. Cobalah bergabung dengan sebuah kelompok kegiatan, atau ikut serta dalam sebuah proyek kemasyarakatan…………… ¨

Tidak ada komentar: