Kamis, 11 November 2010

Moody : Feel so good or feel so bad.... (*Is it you..????..)

Semua orang pasti pernah mengalami masa-masa sedih dan gembira disetiap hari-harinya. Suasana hati yang berubah-ubah ini lebih banyak dialami oleh kaum WANITA, terutama jika mendekati atau pada masa-masa "datang bulan" atau "menstruasi".... Atau juga pada saat-saat tertentu yang memang situasi dan kondisinya sedang banyak permasalahan (*complicated). Memang hal ini tidak hanya dialami oleh kaum wanita saja, kaum pria pun tak jarang juga mengalami moody... :D.... Hanya saja, mungkin kaum pria cenderung lebih  bisa mengontrol emosi mereka daripada kaum wanita yang lebih menonjolkan faktor emosi dalam diri mereka....

Seringkali, moody identik dengan sikap kanak-kanak... selalu berubah-ubah sikap, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar lho... (*menurut saya pribadi sih...). Karena pada dasarnya kaum dewasa pun juga seringkali mengalami moody. Mood yang berubah sesuai dengan suasana hati. Ketika sedang senang hati/gembira, begitu meluap-luap kegembiraannya dan ketika sedang sedih begitu emosional, ketika marah pun juga meluapkan kemarahan dengan berlebihan, hingga tak jarang menghambat aktivitas/kegiatan kerja. Ketika mood sedang tidak enak, maka bekerja pun jadi malas, sementara ketika mood sedang bagus, seringkali menghabiskan waktu dengan bekerja diluar batas kebiasaan, lupa diri.... Hmmmm... itulah moody...

Apakah anda juga salah satu orang yang moody ???.... Hmmmm... kalau saya harus berkata jujur, "Ya" saya termasuk kategori moody hehehehe.... Tappiii dalam hal-hal dan kondisi terntentu. Khususnya ketika sedang tiba saatnya "datang bulan" atau "menstruasi"... Tak jarang tubuh saya juga jadi terbawa menjadi lebih malas daripada biasanya, lebih lemot hehehehehehe.... selalu sleepy ... :D... Dan seringkali menjadi sedikit lebih sensitive dari sebelumnya, hmmmm.... apakah itu juga terjadi pada anda???....

Terkadang, moody tidak hanya terjadi karena faktor hormonal lhoo... (*menurut saya...)... dalam artian tidak hanya karena faktor kedatangan tamu bulanan atau "menstruasi" saja. Tetapi juga bisa karena faktor kegiatan kerja yang terlalu terforsir berlebihan. ditambah permasalahan-permasalahan lain semisal keluarga ataupun soal-soal pribadi lainnya. Lingkungan kerja dan permasalahan pribadi yang membuat seseorang jadi terbebani dan membuat stress... (*Menurut saya, itu juga salah satu pemicu moody).
Misalkan, ketika kita sedang serius menyelesaikan pekerjaan kita, dan tiba-tiba kita dihadapkan dengan permasalahan pribadi lainnya yang otomatis mempengaruhi mood kita dalam bekerja. Akhirnya kita jadi tidak bisa melanjutkan aktifitas penyelesaian pekerjaan kita karena hal tersebut.
Hal-hal seperti itulah yang menumbuhkan moody, bener-bener tidak bagus ya... hehehehehe...

Dan apakah anda semua juga tahu, bahwa makanan juga merupakan salah satu pemicu moody... Yup, jika anda penyuka berbagai jenis daging dalam menu makan anda sehari-hari, maka itu juga membuat temperamen anda menjadi lebih keras, mudah marah dan tersinggung dibandingkan orang-orang yang menyukai makan sayuran/ikan dalam menu makan mereka sehari-hari. Tidak percaya...???? anda bisa membuktikannya sendiri di kalangan teman-teman anda hehehehehehe....

Ketika moody, apa yang anda lakukan..???.... Hmmm... setiap orang pastinya mempunyai kebiasaan masing-masing. Ada yang ketika moody, lebih memilih waktu untuk menyendiri, tetapi ada juga yang lebih memilih waktu untuk berbicara dengan seseorang terdekatnya ataupun justru hangout bersama teman-temannya.... Apapun itu semuanya untuk meredakan bad mood mereka.

Kenapa sih moody ini bisa terjadi ???.... yah, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa dalam hal ini. Kalaupun ada yang patut dipersalahkan, ya diri kita sendiri-lah yang salah hehehehehehe.... (*menurut pendapat saya lhoo..)... Karena diri kita sendiri dan sikap kita sendirilah yang pada dasarnya terkait langsung dengan lingkungan di sekeliling kita dan permasalahan-permasalahan di kehidupan kita. Jadi semuanya bisa diatasi oleh perbaikan sikap dari diri kita sendiri. 

Contohnya saya: ketika saya sedang bad mood, maka saya lebih memilih menyendiri, tidak menerima telephon masuk dari siapapun dan tidak berbicara dengan siapapun hehehehehe.... Mungkin terdengar sedikit aneh, terkesan mengisolir diri ya.... :D.... Tappiii menurut saya, itulah sikap terbaik saya ketika saya sedang bad mood. Karena pada dasarnya, saya tidak ingin melakukan hal-hal yang diluar dari kontrol diri saya kepada orang lain ketika suasana hati saya sedang tidak baik atau bad mood. Jadi, saya memilih untuk "diam", menyendiri beberapa saat sekedar untuk menenangkan hati dan pikiran saya.  Memang saya akui, ketika saya dengan bad mood, tak jarang saya menjadi tidak bisa tidur, resah, tidak nafsu makan. Dan itu membuat beberapa kegiatan pekerjaan saya juga menjadi terganggu penyelesaiannya dan tak jarang membuat saya jatuh sakit. Tetapi seiring berjalannya waktu dan dengan semakin bertambahnya usia saya, saya berusaha untuk bisa mengontrol semua itu khususnya bad mood yang melanda saya. Biasanya, saya lebih banyak mendekatkan diri saya kepada Tuhan, melamakan sujud-sujud saya pada sholat-sholat saya dan lebih banyak "curhat" kepada-Nya tentang yang saya alami. Hingga saya merasa benar-benar cukup tenang dan mampu berpikir dengan jernih kembali.... :D.... 

Beberapa teman terdekat saya biasanya sudah hafal dengan karakter saya, jadi ketika tiba-tiba saya menghilang dan off, maka mereka sudah menduga jika saya sedang perlu waktu untuk menyendiri.

Tetapi tak jarang masih juga ada beberapa teman yang seringkali bertanya, "kenapa telephon tidak diangkat?.." atau "kenapa off??" dan sebagainya hehehehehhe....  yaaahhh... setiap orang memang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi moody dalam dirinya bukan???.... saya, anda dan kalian semuanya pastinya berbeda hehehehehe... apapun itu, semuanya tujuannya adalah bagaimana agar kita bisa menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan kita masing-masing.

Moody bukanlah suatu hal yang buruk jika kita bisa mengatasinya dengan baik, tidak merugikan orang lain dan yang pasti kita HARUS benar-benar bisa mengontrol emosi kita. Ketika anda sedang benar-benar marah tak terkendali, mungkin ada baiknya jika anda mengambil nafas beberapa saat lamanya, tahan diri anda jangan sampai melakukan hal-hal yang diluar kontrol kendali anda, yang pada akhirnya akan membuat anda menyesal...

Jadi intinya, ketika anda sedang dalam keadaan bad mood, kendalikan diri anda. Dekatkan diri anda kepada Yang Maha Kuasa, perbanyaklah dzikir dan ingatlah selalu bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan anda, semuanya telah diatur olehNya, dan pastinya ada hikmah dan kebaikan disebaliknya untuk anda.

Feel so good or feel so bad tak akan jadi masalah lagi buat kita semua saat ini... :D.... Lakukan yang terbaik dalam kehidupan anda dengan nyaman dan senang.... Keep smile always... :D...


by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi
JAPAN




Tidak ada komentar: