Sabtu, 06 November 2010

Seputar "dunia pribadi" kita..... (*Karena aku, kamu, dan kalian semua adalah seorang wanita....)

Berbahagialah kita ditaqdirkan sebagai seorang "WANITA" di dunia ini. Memang benar bahwa struktur tubuh kita (*kaum wanita) sama dengan kaum pria, sama-sama terdiri dari organ-organ, sistem, jaringan, dan sel-sel. Tetapi, organ-organ wanita lebih kompleks dan lebih sensitive. 

Karena saya, anda, dan kalian semua adalah para wanita, maka saya ingin berbagi banyak hal tentang "dunia pribadi" kita bersama-sama. Kita mempunyai organ-organ "kewanitaan" yang sangat berharga dan perlu untuk dijaga dan dirawat, untuk itulah disini kita bisa saling memahami dan mengerti dengan lebih baik lagi tentang bagaimana dan apa saja organ-organ "kewanitaan" kita. Mungkin tidak banyak orang yang mengerti betapa penting dan berharganya kesehatan dan kebersihan organ-organ "kewanitaan" yang kita miliki selama ini. Karena sedikit saja terjadi kelalaian dalam perawatan kesehatan dan kebersihan organ "kewanitaan" akan menyebabkan nyawa kita melayang.... >_<.... Bukankah itu semua tidak kita inginkan bukan????.....

Mungkin kita semua sudah tahu tentang apa itu "KANKER", ada banyak jenis kanker yang menyebabkan kematian. Salah satunya yiatu "kanker serviks" atau lebih populer disebut sebagai "kanker leher rahim". Apakah anda ingin tahu, dimanakah sebenarnya letak "serviks" itu sendiri dalam organ kita???..... (*Perhatikanlah foto di sebelah kanan...)

Kanker leher rahim ini disebabkan oleh sebuah virus yaitu "human papilloma virus". Ada berbagai macam jenis virus HPV ini, salah satunya yaitu virus HPV tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks. Dan yang paling menakutkan dari kanker leher rahim ini adalah bahwa hampir semua penderitanya TIDAK PERNAH mengetahui ataupun menyadari gejala awal hadirnya kanker ini dalam tubuh mereka. Kanker ini baru terdeteksi setelah si penderita memasuki stadium tinggi dan pastinya sudah TIDAK mungkin untuk disembuhkan.... >_<....

Meskipun gejala awalnya tidak pernah bisa terdeteksi, tetapi kanker ini bisa hadir dengan pendarahan vagina.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kanker ini menyerang leher rahim yaitu bagian rahim yang terletak dibawah, yang membuka ke arah liang vagina. 

Kanker ini menyerang kaum wanita dan SANGAT BERBAHAYA , menempati peringkat teratas diantara jenis-jenis kanker lain yang menyebabkan kematian bagi kaum wanita di seluruh dunia. Termasuk di negara-negara berkembang, seperti negeri kita tercinta INDONESIA. Hampir sekitar 15 ribu kasus kanker serviks terjadi di Indonesia, dan 8 ribu kasus kanker serviks ini berakhir dengan KEMATIAN kaum wanita. Bisakah anda bayangkan itu terjadi pada saudara-saudara perempuan kita, anak-anak perempuan kita, ibu kita, teman kita, atau bahkan kita sendiri...?????....

Perlu kita ketahui disini bahwa memang benar penyebab utama dari kanker ini adalah virus HPV tipe 16 dan 18, tetapi kanker ini juga bisa disebabkan oleh radiasi atau pencemaran bahan-bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama terhadap sel-sel di leher rahim.

Virus HPV ini dapat menular kepada orang lain melalui hubungan seksual, khususnya bagi yang suka berganti-ganti pasangan. Menular secara transmisi baik melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, dan juga manual ke genital. JADI intinya, virus ini tidak hanya menular melalui "cairan" tetapi juga melalui sentuhan kulit. 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama diatas tadi bahwa gejala awal kanker ini tidak bisa terdeteksi, maka sangat dianjurkan bagi semua kaum wanita untuk rutin melakukan tes pap smears setiap 2 tahun sekali.

Apakah tes pap smears itu..????...

Tes pap smears adalah salah satu cara tes untuk mengetahui apakah ada perubahan dalam sel-sel serviks, dari sel normal menjadi sel-sel yang ganas. Dalam tes ini, dokter akan melakukan pembukaan VAGINA dengan menggunakan alat khusus yang dinamakan spatula, sehingga kondisi leher rahim dapat terlihat jelas. Dengan spatula tersebut, dokter akan mengambil getah/lendir yang terdapat di seputar serviks. Getah/lendir/cairan serviks yang banyak mengandung sel itu kemudian dioleskan dalam gelas objek dan difiksasi dengan alkohol 95%. Kemudian gelas objek ini di laboratorium akan dilihat dibawah mikroskop untuk melihat apakah ada sel-sel yang berbahaya atau tidak. Ada juga metode baru yang dinamakan teknologi hybrid capture II system (HCII).

Jadi, gejala akan terasa oleh si penderita kanker serviks ini pada saat sang penderita sudah dalam stadium lanjut, seperti adanya keluhan rasa sakit dan pendarahan saat melakukan hubungan intim (*contact bleeding), keputihan yang berlebihan dan tidak normal, pendarahan yang berlebihan di luar siklus menstruasi, serta penurunan berat badan drastis. 

Apabila kanker sudah mulai menyebar ke daerah panggul, maka si penderita akan mengalami keluhan nyeri punggung, hambatan dalam berkemih dan pembesaran ginjal.

Jika anda adalah wanita perokok, mungkin sebaiknya anda mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok anda. Karena berdasarkan salah satu penelitian di Swedia, rokok adalah salah satu penyebab munculnya kanker. Seperti anda ketahui bahwa rokok mengandung zat nikotin, nah zat ini akan memicu tumbuhnya sel-sel abnormal di daerah serviks anda.

Keberadaan kanker leher rahim ini juga terkait dengan jumlah partner seksual anda. Berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual adalah salah satu pemicu kanker serviks. Selain itu penderita gizi buruk juga sangat mungkin terhinggapi virus HPV 16 dan 18 ini. Termasuk anda yang melakukan diet ketat, kurang konsumsi vitamin A, C, dan E sehingga menyebabkan kekebalan tubuh berkurang, hal ini dapat memudahkan anda terinfeksi.

Jadi, mulai saat ini lakukan pola dan gaya hidup sehat. Karena kita semua sudah tau apa penyebab dari kanker serviks yang membahayakan ini, maka peliharalah kesehatan tubuh anda dengan baik terutama organ-organ "kewanitaan" anda, jangan pernah berganti-ganti pasangan seksual, rajin-rajinlah melakukan tes pap smears setiap 2 tahun sekali bagi anda yang sudah aktif melakukan kegiatan seksual dan lakukanlah vaksinasi HPV bagi anda yang belum pernah melakukan kontak seksual.

Ingatlah selalu bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara, jadi jangan pernah melakukan hal-hal yang hanya "menyenangkan" di dunia tetapi memberikan akhir yang menyakitkan dan menyeramkan bagi kehidupan anda. 
Jangan pernah melihat faktor-faktor kesenangan dari kegiatan "maksiat" kehidupan "bebas" berganti pasangan seksual di dunia ini. Ingatlah itu semua bukanlah kesenangan, tetapi ada virus mematikan yang mengancam nyawa anda tanpa anda pernah menyadarinya

Itulah sebabnya kenapa dalam agama terdapat beberapa larangan, salah satunya tentang melakukan hubungan seksual diluar pernikahan. Karena pada dasarnya kita semua tahu bahwa ada "bahaya" didalamnya. Tuhan memberikan banyak larangan karena memang itulah yang terbaik untuk umat-Nya.

Lakukanlah kegiatan yang memang baik dan jauhilah semua hal-hal yang memang dilarang oleh-Nya. Mulailah hidup sehat dan rawatlah kesehatan anda sebaik-baiknya, terutama organ-organ "kewanitaan" anda. Lebih baik melakukan pencegahan daripada melakukan pengobatan bukan????.....

Berharap, semoga yang sedikit ini bisa membuat kita semua kaum wanita menjadi lebih mengerti dan paham akan pentingnya kesehatan organ-organ "kewanitaan" kita masing-masing.

*salam sejuk dari negeri sakura....


by: imma.w.a.
721-8 Kami-okubo, Sakura-ku
Saitama-shi, JAPAN


References:
http://www.infoceria.com/
http://www.ingateros.com/
http://www.dexa-medica.com/


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih Informasinya...

imma.ub.saitama mengatakan...

sama-sama... yoroshiku, onegaishimasu... ^_^...