Jumat, 02 September 2011

Sa'i...

Salah satu dari rukun haji adalah SA'I. Sa'i adalah berjalan dimulai dari bukit Safa ke bukit Marwah dan sebaliknya, sebanyak 7 kali, yang berakhir di bukit Marwah. Perjalanan dari bukit Safa ke bukit Marwah dihitung satu kali dan juga dari bukit Marwah ke bukit Safa dihitung satu kali. Bagi yang berusia lanjut, bisa menggunakan kursi roda. Jama'ah haji yang melakukan sa'i tidak wajib suci dari hadats besar ataupun hadats kecil, tetapi disunatkan suci dari hadats besar maupun hadats kecil.

Banyak sekali yang sering menanyakan tentang: 'Apakah disyaratkan untuk naik keatas bukit Safa atau Marwah pada waktu sa'i..??'... Jawabannya adalah TIDAK DISYARATKAN, tetapi jika keadaan memungkinkan bisa naik ke atas bukit Safa atau Marwah, sebaliknya jika keadaan sulit maka cukup sampai di kaki bukit saja.

Bagi para pria/laki-laki disunatkan lari-lari kecil antara dula pilar hijau, sedangkan bagi wanita tidak disunatkan. Ini harus dipahami...

Tidak dianjurkan mengangkat kedua tangan sambil takbir menghadap Ka'bah ketika melakukan sa'i. Yang dianjurkan adalah mengangkat kedua tangan untuk berdo'a sambil menghadap Ka'bah.

Bagi orang yang sedang melakukan sa'i harus berhenti apabila datang waktu sholat wajib yang dilakukan berjama'ah dan kekurangannya bisa dilanjutkan setelah selesai sholat. Perlu diperhatikan disini bahwa TIDAK ADA sa'i sunnat.

Yang harus dilakukan setelah selesai mengerjakan sa'i adalah mencukur atau memotong rambut, atau sering disebut sebagai bertahallul.

Apabila para jama'ah haji merasa ragu-ragu dengan hitungan tawaf atau sa'i yang mereka lakukan, maka mereka harus berpegang pada hitungan yang lebih kecil.

Apabila jama'ah haji melakukan sa'i-nya mulai dari Marwah, maka sa'inya tidak batal tetapi harus menambah satu perjalanan lagi sehingga berakhir di Marwah.

Inilah sedikit hal tentang SA'I, semoga bisa memberikan sedikit manfaat....Silahkan juga berkunjung ke blog saya khusus tentang ibadah haji di link berikut ini: http://hajj-immasan.blogspot.com/ Aamiin ya robbal alamiin...


by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi
JAPAN

Tidak ada komentar: