Jumat, 26 Agustus 2011

Jangan panggil dia 'MOnYeT'... (*Teman,ucapkan kebaikan mulai dari sekarang)

Dalam pergaulan dan pertemanan, seringkali kita bercanda sedikit banyak keterlaluan, tetapi apapun itu harusnya kita paham bahwa siapapun yang kita ajak bercanda adalah manusia juga, sama seperti kita semua. Apalagi jika usia kita sudah masuk kategori 'manusia dewasa' dan sebagai 'orang tua', selayaknya kita memberikan contoh-contoh adab pergaulan dan pertemanan yang baik dan benar. 

Sudah saatnya untuk menghentikan candaan yang keterlaluan, tulisan-tulisan yang porno dan mengundang tertawaan, gambar-gambar vulgar yang tak sepantasnya diperlihatkan dan panggilan-panggilan buruk yang berasal dari 'kebun binatang'. Sungguh, semua itu sepantasnya tidak lagi diteruskan dalam adab pergaulan, khususnya bagi kita semua yang telah menjadi 'manusia dewasa' dan bergelar 'orang tua'.

Ingatlah bahwa Tuhan-pun tidak akan senang jika umatnya saling bercanda keterlaluan sampai mengeluarkan semua nama-nama 'kebun binatang'... ^_^... Sebisa mungkin, panggillah teman-teman kalian dengan panggilan 'sayang' dan ucapkanlah kebaikan disekitar kalian. Mungkin memang sesekali kita semua layak untuk diingatkan satu hal, bukti bahwa Tuhan tidak senang dengan candaan yang keterlaluan, Dia berfirman di salah satu ayat Al Qur'an tentang hal yang demikian:

"Hai orang-orang yang beriman...... janganlah kalian mencela diri kalian sendiri, jangan pula kalian memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman. Siapa saja yang tidak bertaubat, mereka itulah orang-orang yang dzalim."
(Q.S. Al Hujurat 49:11)

So, sudah pahamkah kalian sekarang..??... Jadi, jangan lagi kalian lakukan panggilan-panggilan buruk untuk teman kalian tersayang dimanapun berada dan bagaimanapun mereka, karena kita semua memiliki strata yang sama, sama-sama makhluk Tuhan yang sempurna... :D...

Jangan lagi ada panggilan 'kebun binatang', karena semua itu sangatlah tidak enak didengar, tidak bagus terbaca dan tidak layak disiarkan...

Belajarlah menjadi orang-orang dewasa yang sopan dan penuh dengan ucapan kasih sayang, tebarkan kebaikan semampu kalian dimanapun kalian bergaul dan berteman... Jadilah 'orang tua' yang membanggakan dengan pancaran kebaikan dan kesopanan sesuai dengan firman Tuhan.

*Teman, ucapkanlah kebaikan mulai dari sekarang.... jangan panggil dia 'MOnYeT' karena itu sungguh tidak sopan, sayang.... :-*....


by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi
JAPAN

Tidak ada komentar: