Jumat, 20 Agustus 2010

“BEHEL” Makes Me Shy……. (*Oh No..!! Oh YEs..!! OooHh…!!)




Setiap WANITA dimanapun berada PASTI ingin terlihat lebih rapi dan lebih cantik, benar kan ??… Hemmm, so pasti :)

Asal tidak dengan operasi plastik saja ya hehehehehe….

Salah satu yang bisa dibuat lebih rapi adalah GIGI. Meskipun terletak didalam mulut, jika bibir kita tertutup tidak terlihat, tetapi saat kita berbicara ataupun tertawa pastilah GIGI menjadi pusat pandangan bagi lawan bicara kita.

Kenapa memilih KAWAT GIGI ??? Hemmm, salah satu alasannya karena harganya yang lebih murah dibandingkan jika harus menggunakan INVISALIGN hehehehehe….

Kenapa akhirnya saya memutuskan menggunakan kawat gigi ??? Yah, salah satu alasannya seperti di atas tadi, biar terlihat lebih RAPI dan lebih MANIS hehehehehe…. *kata ibu saya sih :)

Yup, ibu saya-lah orang pertama yang paling getol meminta saya untuk menggunakan KAWAT GIGI. Menurut beliau, gigi saya terlihat KURANG RAPI… (*padahal sih ngga juga, ngga salah maksudnya  hehehehehehe)… Selain itu, menurut beliau supaya saya terlihat lebih CANTIK huehehehehehehe…. (*ini nih yang paling narsis hehehehe)…

Meskipun sebenarnya saya malas untuk melakukan hal ini, tapi toh akhirnya saya menggunakan kawat gigi juga pada kepulangan saya ke Indonesia … hehehehehehe…

Sebelumnya kami harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang memang ahli di bidang kecantikan gigi. Pertama kali dilakukan ronsen gigi untuk mengetahui bagaimana bentuk gigi kita, barulah dilakukan segala macam pemeriksaan berkaitan dengan pemasangan kawat gigi termasuk diantaranya mengetahui apakah ada beberapa gigi yang perlu dicabut.  Nantinya, setelah gigi rapi bisa dilakukan bleaching/pemutihan warna gigi. Untuk bleaching memerlukan biaya sekitar 2,5 juta rupiah sedangkan kawat gigi berkisar antara 8.5-20 juta rupiah. Prosesnya memerlukan waktu sekitar 3 minggu.

Sebenarnya buat apa sih KAWAT GIGI ??? Membuat repot aja ya, karena setelah pemasangan sedikit aneh di gigi, banyak pantangan makanan dan harus benar-benar disiplin dalam perawatan .. UuuGhT!! sepertinya hanya berisi serentetan PENDERITAAN ya daripada kebahagiaan huehehehehehehe….

Eits!! tunggu dulu… kan belom tahu hasil akhirnya nanti seperti apa hehehehehehe… Yakin sih, pasti akan menjadi LEBIH RAPI dan yang pastinya jadi LEBIH CANTIK (*Cantik giginya maksudnya…huehehehehehehehe… *narsis again :)

Mau tahu kan?…

BRACKET (bagian yang menempel) pada kawat gigi mempunyai fungsi estetis atau kosmetik. Ada yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat. Ada yang bersifat PERMANEN artinya tidak dapat dilepas dan dipasang, dan ada juga yang bersifat TIDAK PERMANEN (bisa dilepas dan dipasang kembali). MEKANISME-nya yaitu  mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi.

KAWAT GIGI-pun bermacam-macam, ada yang biasa seharga sekitar 8.5 juta… tetapi ada juga yang damon seharga sekitar 15 juta. Contohnya saya, menggunakan jenis damon. Jenis ini lebih baik daripada yang biasa, cara kerjanyapun lebih fleksibel karena dapat bergerak secara mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada kawat gigi konvensional. Tapi sebenarnya semuanya tergantung dari bagaimana kondisi giginya juga, jika ada bagian gigi yang memang harus dicabut, pastinya perlu tarikan juga… dalam hal ini perlu karet untuk menarik gigi.  Kemudahan lainnya dari damon ini adalah pada soal kontrol. Jika pada kawat gigi biasa, kita harus kontrol selama 3-4 minggu sekali, tetapi untuk damon hanya perlu kontrol selama 8-10 minggu sekali. Jadi lebih nyantai…

Selain itu, sistem damon ini menghasilkan senyum yang lebih full dan alami karena 10 deret gigi terlihat full… Jadi lucu kesannya hehehehehe…

Sebenarnya selain KAWAT GIGI, ada yang lebih baru yaitu INVISALIGN. INVISALIGN adalah teknologi baru untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat.. Berbentuk transparan, berbentuk plastik dan dapat dilepas-lepas.
Invisalign sendiri dibentuk dengan tekhnologi computer  berdasarkan hasil cetakan gigi pasien.  Selanjutnya model 3D gigi dikirim ke Amerika untuk dibuat mengikuti struktur gigi, setelah selesai baru dikirim ke Indonesia lg.
Setelah pasien menerima alat ini, pasien disarankan menggunakannya setiap hari selama 2 minggu selama 20-22 jam tiap harinya (hanya dilepas saat makan, minum, dan gosok gigi).

Setelah 2 minggu biasanya struktur gigi sudah mulai berubah..sehingga diperlukan penyesuaian dan penggantian, sampai gigi menjadi rapih. Biasanya jangka waktu pemakaiannya sekitar 6-12 bulan.

Manfaat & Tujuan dari INVISALIGN adalah :
  • Alat ini ditujukan untuk orang dewasa yang tidak ingin repot dan terlihat jelek menggunakan kawat gigi, dengan hasil yang kurang lebih sama seperti menggunakan Behel.
  • Hampir tidak terlihat sama sekali, sangat bagus untuk estetika..
  • Potensi terjadinya iritasi di sekitar mulut juga tidak akan terjadi seperti pengguna Behel biasa.
  • Kebersihan daerah mulut lebih dapat terjaga dengan baik, dibandingkan menggunakan behel permanent.
Kekurangan INVISALIGN dibandingkan dengan BEHEL :
  • Jangka waktu perawatan sangat tergantung pada kedisiplinan pasien, karena alat ini dapat dilepas-lepas.
  • Harus dilepas pada saat makan dan minum, boleh dipakai kalo minumnya air putih hehe cape deh.
  • Perubahan gigi tidak permanent, jadi tetep harus pake retainer juga setelah menggunakannya..
Lebih tertarik menggunakan INVISALIGN daripada BEHEL ???…. Hemmm, bisa dicoba juga :) Tetapi, harganya masih sangat mahal hehehehehehe…

So, mau GIGI lebih rapi dan senyum lebih manis dan lebih cantik ???…. Yuk, pakai BEHEL aja ndeeh biar sama dengan saya… hehehehehehe….

*Salam sejuk dari negeri sakura…^_^…


by: imma.w.a.
saitama-shi, japan



Reference : (baca disini ya..)

http://www.realself.com/question/invisalign-vs-braces-whats-difference

2 komentar:

candra mengatakan...

Immaaaaa.......
mana foto senyum-mu yang pakai bracket? hahahaha...penasaran deh..

imma.ub.saitama mengatakan...

Hahahahahahahahhaaaa.... yang pasti teuteup cantik deh...hahahahahhaha...narcis.com... ini mba candra fb ya???.... miss you so much kakak.... :-*... lagi sibuk ngejar deadline riset ini huhuhuhuhuhu.... doa'in ya kakak... mmmmmmuuuach.....