Rabu, 08 September 2010

REMPAH TAHU : Si Sederhana yang Menambah Nafsu Makan....(*Indonesian Traditional Food by imma-san...)


Ini pertama kalinya saya membuat REMPAH TAHU dalam bentuk "lintingan" (*istilahnya dalam bahasa jawa...). Seharusnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang, tetapi berhubung faktor kondisi, sulit sekali memperoleh daun pisang di negeri sakura, jadinya saya menggunakan plastik untuk menggulung rempah tahu ini.

Kesan pertamakali buat saya adalah "SURPRISE!!!", unforgettable moment banget :D...

Memang pada dasarnya, saya hobi banget dengan yang namanya REMPAH TAHU, entah itu dimasak dengan digulung kukus ataupun digoreng. Jangan ditanya bagaimana nafsu makan saya jika lauknya rempah tahu hehehehehe.... PASTI akan menambah porsi makan saya... 

Rempah tahu ini cocok dipakai sebagai lauk dengan sayur LODEH (*bersantan dan agak pedas), tetapi jika dicocokkan/digandengkan dengan sayur sup pun akan sangat enak, semuanya terserah kepada selera anda masing-masing.

Kali ini saya menggandengkan REMPAH TAHU ini dengan "Fish Toufu with Soybeans Sauce".... sayurnya sengaja saya buat pedas.

Jadi jika anda membuat rempah tahu ini, anda bisa menggandengkannya dengan sayur yang sesuai dengan selera anda.

Bisa dengan sayur lodeh bersantan, atau jika anda tidak menykai masakan bersantan, anda bisa membuat sayur tanpa santan seperti yang saya buat kali ini.
Adapun BAHAN-nya adalah sebagai berikut:
  • Tahu putih secukupnya, tergantung seberapa banyak anda ingin membuat rempah tahunya.
  • Telur ayam
  • Ebi/udang kecil (*jika anda suka)
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Cabe merah (*jika anda suka)
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Daun bawang
  • Daun pisang/plastik untuk pembungkusnya
Caranya:
  • Tumbuk halus tahu putih dengan menggunakan penumbuk atau "ulek-ulek" (*dalam bahasa jawa)
  • Lalu persiapkan dulu bumbunya, yaitu iris tipis2 bawang merah dan bawang putih, lalu goreng di atas wajan, setelah matang tiriskan.
  • Campurkan tahu yang sudah dilembutkan dengan ebi dan masukkan daun bawang serta bawang merah + bawang putih yg telah digoreng tadi.
  • Jangan lupa masukkan garam, merica dan cabe merah yang sudah diiris tipis2 kedalam adonan tahu tersebut.
  • Setelah semuanya tercampur, masukkan telur kedalamnya dan aduk hingga rata.
  • Diamkan beberapa saat
  • Setelah itu siapkan daun pisang/plastik sebagai pembungkus, dan bungkuslah adonan itu kedalam daun pisang atau plastik secara memanjang.
  • Kukus kedalam panci dan tunggulah sekitar 20 menit hingga matang
  • Terakhir, REMPAH TAHU pun siap untuk dihidangkan
Untuk campuran si rempah tahu ini, anda juga bisa menggunakan ikan tuna jika anda suka ataupun sejenis seafood lainnya, semisal baby gurita....

Tertarik untuk mencoba membuat REMPAH TAHU seperti saya???..... 

Anda bisa mencobanya untuk lauk di hari lebaran nanti.... Khususnya bagi anda yang berada di perantauan dan jauh dari keluarga :D... Menu ini sangat sederhana dan dijamin akan menambah nafsu makan anda... Silahkan mencoba ya.... :-*....


*Salam sejuk dari negeri sakura...


by: imma.w.a.
721-8, Kami-okubo, Sakura-ku
Saitama-shi
Japan
September, 2010.....



Tidak ada komentar: