Senin, 26 April 2010

Sang PAYUDARA: Si Lembut Nan Indah yang Patut Dijaga… (*karena ‘Aku’ Bagian dari Dirimu…)


PAYUDARA adalah salah satu bagian yang sensitive dan terpenting dari tubuh KAUM WANITA yang harus dijaga keindahan dan kesehatannya oleh si pemilik yaitu PARA WANITA

Saya, Anda, kalian semua para wanita pastilah menginginkan yang terbaik bagi seluruh bagian di tubuh kita. Mungkin tidak hanya payudara, tetapi PAYUDARA adalah bagian yang sangat menarik bukan hanya bagi kita si pemilik tetapi juga “perayu” bagi para PRIA, serta bagian yang SANGAT PENTING & BERMANFAAT bagi para wanita yang mempunyai putra putri yang masih minum ASI.

Meskipun kita menggunakan baju yang tertutup, tetapi PAYUDARA tetap merupakan hal yang dapat menarik dan “merayu” lawan jenis (*dalam hal ini kaum PRIA)…

Begitu banyak kasus kanker yang hinggap di bagian payudara hingga sang pemilik harus merelakan sebelah payudaranya untuk dihilangkan… Begitu mengerikan bukan ?… Bukankah kita semua para wanita TIDAK MENGINGINKAN hal buruk itu terjadi pada kita, putri-putri kita dan saudara perempuan ataupun ibunda kita tersayang…

Oleh karena itulah, disini kita bisa sama-sama berbagi pengetahuan bagaimana merawat, menjaga, memelihara PAYUDARA kita agar tetap indah dan sehat.

MAKANAN yang SEHAT adalah salah satu cara untuk menangkal hinggapnya kanker di PAYUDARA kita. Apa sajakah makanan-makanan yang sehat bagi PAYUDARA kita?

RUMPUT LAUT : Negara Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan kanker payudara yang RENDAH. Ini terkait pola makan yang terbiasa mengkonsumsi rumput laut. Rumput laut terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan dimana menurut penelitian Harvard School of Public Health menemukan tikus yang diberi makan kelp (satu jenis rumput laut) memiliki kanker payudara lebih rendah dibanding tikus yang tidak makan kelp. Karena itu cobalah mengkonsumsi rumput-rumput laut seperti kelp atau nori atau alga hijau seperti spirulina dan chlorella (3 gram) setiap hari.

SAYURAN : brokoli, kubis brussel, kol, bok choy, sayuran hijau (kangkung dan bayam, kembang kol dan lobak cina) baik bagi kesehatan payudara karena mengandung komponen sulfur yang disebut indoles. Indoles sebenarnya membantu mengurangi estrogen dari tubuh dan mencegahnya tumbuh menjadi kanker payudara. Hanya sayuran jenis ini diketahui dapat merubah estrogen dalam tubuh dan mencegahnya dari kanker payudara.

IKAN : Sebuah penelitian menunjukkan makan sedikitnya tiga porsi ikan laut setiap minggu seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden dapat membantu mencegah kanker payudara. Minyak Omega 3 yang biasanya ditemukan dalam ikan ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan menghalangi pengaruh tumor yang menyebabkan kanker. Mungkin pendapat terbaik mengenai hal ini adalah penemuan di Amerika Utara dimana wanita Eskimo yang makan minyak Omega 3 berasal dari ikan sama sekali tidak memiliki kanker payudara.

PRODUK KEDELAI : Beberapa ilmuwan yakin bahwa dengan memakan produk kedelai dapat melindungi terhadap hormon penyebab tumor. Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya mengandung genistein, sebuah estrogen alami yang mengikat pada reseptor dalam payudara sehingga tidak mungkin tumbuhnya kanker. Tetapi tidak semua produk kedelai memiliki manfaat yang sama seperti tofu, miso dan tempe. Susu kedelai mengandung sedikit genistein tetapi mengandung bahan pengawet buatan.

MENGURANGI MAKANAN BERLEMAK : Pola makan yang tinggi lemak hewani dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Menurut para ahli, pola makan kaya lemak dapat menghasilkan zat kimia dalam usus yang ketika berhubungan dengan bakteri akan merubahnya menjadi estrogen sebagai penyebab kanker. Etsrogen ini kemudian disimpan dalam jaringan lemak payudara sehingga membuat sel dalam area ini lebih mungkin tumbuh menjadi kanker. Dengan membatasi konsumsi lemak sehari-hari sampai kira-kira 20 persen dari seluruh konsumsi kalori, anda berarti telah mengurangi peluang tumbuhnya kanker payudara.

MENINGKATKAN KONSUMSI SERAT : Konsumsi buah-buahan dan sayuran penting untuk mencegah kanker payudara. Serat yang terkandung dalam makanan seperti buncis, seluruh jenis gandum, buah-buahan dan sayuran dapat mempengaruhi metabolisme estrogen dalam tubuh dan menurunkan estrogen dalam darah.

TEH HIJAU : Dr. Gail Sonenshein ,Dosen biokimia dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston ini mengatakan bahwa teh sama sekali tidak mempunyai efek samping yang merugikan. Karena itu, orang tidak perlu takut mengkonsumsi tiga hingga lima cangkir teh per hari. Tidak ada masalah apabila orang rajin minum teh hijau sebagai langkah pencegahan. Teh hijau

terutama dapat mencegah kanker payudara yang diakibatkan oleh faktor lingkungan. Namun, ia menganjurkan agar pasien yang sedang menjalani radiasi atau kemoterapi kanker payudara perlu konsultasi dengan dokter sebelum ia mencoba minum banyak teh.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001

tersebut, kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh tersebut berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.

Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.

Menurut studi tersebut, daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

MINYAK ZAITUN : Sangat berguna bagi kesehatan payudara dan jantung. Sejak ditemukannya zat anti kanker didalam minyak zaitun, minyak ini menjadi pilihan bijak saat kita memasak. Kita juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai handbody, bukan hanya untuk tangan tetapi juga seluruh tubuh kita selesai kita mandi.

OLAH RAGA SECARA TERATUR : Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang melakukan olahraga aerobik selama 3,8 jam atau lebih per minggu sedikit kemungkinan memiliki kanker payudara dibanding mereka yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Termasuk mereka yang bertahan dalam 5 sampai 6 kilo dari berat badan ideal merupakan cara mencegah kanker payudara karena obesitas memiliki korelasi dengan resiko kanker payudara. Kelebihan lemak dalam tubuh menghasilkan estogen yang kemudian di simpan dalam jaringan payudara sehingga memicu tumbuhnya sel kanker.

LALU, bagaimana memiliki PAYUDARA yang INDAH dan SEHAT ???… selain makanan dan olah raga, apalagi yang bisa kita lakukan ?…

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol : Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsumsi minuman beralkohol dengan angka kejadian kanker payudara. Sebaliknya, ada juga yang menyebutkan kalau anggur merah/putih bagus untuk kesehatan anda. Meskipun demikian lebih baik segera enyahkan alkohol dari kehidupan anda.

Lakukan pijat payudara : Pijat payudara bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan di salon salon kecantikan. Gunakan minyak yang sedikit hangat untuk memijat. Pemijatan bisa dilakukan sebelum mandi sehingga saat mandi anda bisa membersihkan sisa minyak yang masih tersisa. Kalau bisa, gunakan minyak khusus yang memang diperuntukan untuk kesehatan payudara, minyak ini akan membuat payudara anda lebih lembut dan halus. Hawa hangat yang terdapat dalam minyak akan memperbaiki sirkulasi darah yang ada pada payudara sehingga menyebabkan nutrisi akan mengalir lancar ke payudara anda yang pada gilirannya akan membuat payudara anda lebih sehat.

Gunakan Bra yang pas : Menggunakan Bra yang tidak pas atau cenderung ketat akan membuat payudara anda tertekan dan membuatnya berwarna kemerahan. Warna kemerahan ini muncul akibat dari trauma pada jaringan payudara. Keadaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan payudara anda. Gunakanlah Bra dengan bahan katun yang lembut. Hindari Bra yang mengandung kawat atau sejenisnya yang menyangga payudara terlalu kencang.

Hindari berprasangka buruk terhadap payudara : Sering tanpa disadari para perempuan merasa payudaranya merupakan bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Bom waktu disini maksudnya payudara bisa berubah menjadi kanker payudara yang mematikan. Hindari pemikiran seperti itu. Tetaplah optimis akan keadaan payudara anda. Jangan menganggap payudara yang bersemayam di dada anda sebagai suatu beban yang menganggu kehidupan anda.

Hindari menggunakan kontrasepsi hormonal : Cobalah untuk tidak menggunakan kontrasepsi hormonal sintetis dalam jangka waktu yang lama. Pilihlah alat kontrasepsi yang mekanis atau permanen. Meskipun efek dari kadar estrogen berlebihan dalam darah masih diperdebatkan, ada baiknya kita mewaspadainya.

Istirahatlah yang cukup : Tubuh yang terlalu lelah bekerja atau beraktivitas tentu tidak akan bagus bagi kesehatan termasuk kesehatan payudara.

Semoga kita semua para WANITA lebih menyayangi, menjaga, dan merawat PAYUDARA kita masing-masing dengan lebih teliti dan sehat.

*Salam sejuk dari negeri sakura…

by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi, Japan

Reference: http://www.dechacare.com/

Tidak ada komentar: