Sabtu, 06 Desember 2008

JENIS-JENIS KANKER LAIN

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah swt) dengan sabar dan shalat…”
KANKER :
JENIS-JENIS KANKER LAIN
KANKER PARU-PARU :
KANKER paru-paru bisa menyerang perempuan maupun laki-laki, seringkali disebabkan oleh rokok atau tembakau. Hingga kini tercatat jumlah pengidapnya lebih banyak laki-laki karena yang kecanduan rokok umumnya laki-laki. Namun jumlah perempuan yang mengidapnya kian lama kian banyak. Biasanya kanker paru-paru menyerang saat perokok berusia lebih dari 40 tahun, meski ini bukan patokan yang tanpa perkecualian. Tanda-tanda kanker paru-paru :
  • Batuk darah
  • Berat badan menurun/merosot
  • Sesak nafas.
Bila muncul tanda-tanda di atas, berarti kanker sudah parah dan sulit ditanggulangi.
KANKER MULUT
DAN TENGGOROKAN :
KANKER ini juga disebabkan oleh rokok atau tembakau kunyah. Segera cari pertolongan medis bila Anda terbiasa merokok atau mengunyah tembakau dan muncul ruam-ruam/lecet di mulut yang tak sembuh-sembuh.
KANKER HATI :
PARA pengidap hepatitis B sering terserang kanker hati/liver bertahun-tahun setelah virus itu memasuki tubuhnya. Tanda-tanda kanker hati:
  • Bagian bawah perut bengkak
  • Rasa lemah/tak bertenaga
LANTARAN resiko kanker hati paling mengancam penderita hepatitis B, penyakit inilah yang harus dicegah atau diberantas. Caranya, lakukan hubungan seks secara aman/dengan pelindung dan mintalah vaksinasi. Bayi pun harus dilindungi dari ancaman hepatitis B dengan vaksin sejak ia lahir. Orang dewasa bisa divaksin kapan saja.
PENTING !! Hindari Hepatitis B !!! Lakukan hubungan seks secara aman/dengan pelindung dan dapatkan vaksinasi!!
KANKER PERUT/USUS :
RESIKO kanker perut terutama mengancam orang-orang yang sudah berusia di atas 40 tahun. Biasanya tidak ada gejala apa pun dan gejala-gejalanya baru muncul sesudah kanker menyebar dan mengganas. Satu-satunya cara perawatan pasien adalah operasi ¾itupun ada kemungkinan gagal……… ¨
*****

Tidak ada komentar: