Sabtu, 06 Desember 2008

MASALAH-MASALAH SEPUTAR RAHIM

“Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan kecerobohan kami dalam menyikapi sesuatu…”
KANKER :
MASALAH-MASALAH
SEPUTAR RAHIM
TUMOR FIBROID :
FIBROID adalah adalah daging tumbuh dalam rahim. Ini bisa mengakibatkan pendarahan abnormal dari vagina, sakit di bagian bawah perut, serta keguguran berulang kali. Fibroid hampir tak pernah berubah menjadi kanker.
TANDA-tanda fibroid :

  • Haid sangat banyak atau muncul pendarahan serupa haid pada tanggal-tanggal yang tak sesuai dengan biasanya.

  • Bagian bawah perut nyeri atau terasa sesak.

  • Saat berhubungan seks terasa sangat sakit.
FIBROID biasanya ditemukan pada saat pemeriksaan organ-organ peranakan. Tandanya mudah diamati: rahim terasa terlalu besar saat diraba, atau bentuknya aneh, tak seperti lazimnya. Tes yang disebut ultrasound bisa memberikan informasi tentang seberapa besar ukuran fibroid itu. Bila fibroid sangat mengganggu penderita, bisa diatasi dengan pengangkatan (operasi). Kadang seluruh rahim harus diangkat. Tetapi kasus ini sangat langka. Biasanya fibroid mengecil dengan sendirinya sesudah penderita mengalami menopause. Dan sejak itu sudah tak menimbulkan gangguan apa-apa lagi. Bila Anda memiliki fibroid dan haid jadi sangat banyak, Anda bisa terancam kekurangan darah merah atau anemia. Usahakan makan bahan-bahan pangan yang kaya zat besi.
POLIP :
POLIP juga sebentuk tumor atau daging tumbuh, warnanya merah tua. Selain di dalam rahim, juga bisa muncul di mulut rahim. Polip jarang berkembang menjadi kanker.
TANDA-tanda polip :

  • Sesudah berhubungan seks, terjadi pendarahan

  • Haid sangat berlebihan
MENEMUKAN dan merawat: Bila muncul di mulut rahim, polip sangat mudah dilihat dalam pemeriksaan biasa, dan dengan mudah pula diangkat (tanpa menimbulkan rasa sakit) oleh pekerja kesehatan yang terlatih. Untuk menemukan polip di dalam rahim, bagian dalam (dinding-dinding) rahim harus dikerok dan hasilnya diperiksa apakah mengandung sel-sel kanker atau tidak (biasanya tidak). Sekali diangkat, umumnya polip takkan tumbuh lagi……… ¨

*****

Tidak ada komentar: