Sabtu, 06 Desember 2008

MASALAH-MASALAH SEPUTAR PAYUDARA

“Percaya kepada Allah swt jika engkau benar. Berbahagialah menghadapi hari esok jika engkau bertaubat…”
KANKER :
MASALAH-MASALAH
SEPUTAR PAYUDARA
PROBLEMA YANG UMUM DIJUMPAI SEPUTAR PAYUDARA :
1. Benjolan di payudara
Benjolan di payudara adalah problema yang paling sering ditemukan. Khususnya benjolan empuk yang berisi cairan, atau kista. Benjolan ini biasanya berubah seiring dengan siklus bulanan, kadang sakit kadang tidak, atau sakit/lecet bila ditekan. Hanya sedikit kasus benjolan yang berkembang menjadi kanker. Namun Anda harus selalu waspada karena mungkin saja Anda mengalami kasus yang hanya sedikit atau perkecualian itu. Periksalah payudara Anda 1 kali per bulan.
2. Keluar cairan dari puting payudara
Bila Anda telah menyusui bayi selama setahun terakhir, normal saja bila keluar cairan kental ataupun bening dari puting Anda. Tetapi cairan yang berwarna cokelat, hijau, atau berdarah bisa jadi merupakan pertanda kanker. Mintalah agar pekerja kesehatan memeriksa payudara Anda.
3. Infeksi payudara
Bila Anda sedang dalam masa menyusui, lalu muncul ruam atau lebam kemerahan di seputar payudara, mungkin Anda terkena nastitis atau abses. Ini bukan kanker dan mudah diatasi. Namun bila muncul gejala seperti itu padahal Anda tidak sedang menyusui, barangkali itu gejala kanker.
KANKER PAYUDARA :
BIASA-nya, kanker payudara berkembang secara perlahan-lahan. Bila segera ditemukan, kadang pasien akan sembuh. Sulit dipastikan siapa saja yang beresiko terkena kanker payudara. Namun hati-hatilah bila:
· Ibu, adik, atau kakak Anda mengidap kanker payudara.
· Anda mengidap kanker rahim.
· Usia Anda sudah lebih dari 50 tahun.
TANDA-tanda peringatan adanya kanker payudara:
  • Muncul benjolan keras yang tak terasa sakit, bentuknya tak beraturan, hanya ada di salah satu payudara saja, dan tak bergerak di bawah kulit (kista akan bergerak bila kulit di sekitarnya ditekan; kanker tidak)
  • Muncul bercak kemerahan atau ruam di payudara dan tak mau hilang
  • Kulit payudara seolah tampak tersedot kedalam, atau kelihatan kasar dan berkerut mirip kulit jeruk
  • Puting payudara melesak kedalam (amblas)
  • Muncul cairan abnormal dari puting
  • Kadang muncul benjolan/pembengkakan yang menyakitkan di ketiak
  • Payudara terasa sakit (gejala ini jarang muncul)
Bila Anda merasakan/menemukan satu atau lebih gejala-gejala di atas, segera periksakan diri Anda.
MENEMUKAN dan merawat pengidap kanker payudara: Bila Anda memeriksa payudara secara teratur, tiap gejala benjol atau gumpalan yang muncul pasti segera diketahui. Kalaupun benjolan itu sangat kecil dan tak terlalu berbahaya, ada alat bernama mamogram yang dapat melacaknya. Namun pemeriksaan dengan mamogram hanya bisa dilayani di rumah sakit besar di kota.
LAGIPULA biayanya mungkin sangat mahal. Jangan kecewa bila Anda tak bisa memperoleh pemeriksaan dengan alat ini ¾mamogram toh tak bisa memberi kepastian apakah benjolan itu kanker atau bukan. Satu-satunya pemeriksaan yang bisa memberikan jawaban apakah Anda mengidap kanker payudara atau tidak adalah biopsi. Caranya, dokter bedah akan mengambil contoh benjolan (atau bahkan mengangkat seluruh benjolan itu) untuk diperiksa di laboratorium.
PERAWATAN penderita kanker payudara berbeda-beda tergantung pada seberapa parahkah kanker itu, dan apa sajakah layanan medis yang tersedia di daerah Anda. Bila benjolan segera ditemukan dan kecil saja, Anda berpeluang sembuh hanya dengan operasi pengangkatan benjolan saja. Namun bila kanker sudah menyebar dan parah, barangkali dokter akan terpaksa mengangkat seluruh payudara (bila hanya satu payudara saja yang terserang kanker, payudara itu saja yang diangkat). Kadang dokter juga akan berusaha mengobati pasien kanker payudara dengan jenis-jenis obat tertentu atau menganjurkan terapi penyinaran. Belum ada yang tahu bagaimana cara mencegah kanker payudara. Tetapi yang jelas, makin dini kanker terlacak, makin gampang penanggulangannya.
SEBAGIAN pasien kanker payudara yang sudah menjalani pengobatan/pengangkatan tidak terkena kanker lagi. Sebagian lainnya masih diserang kanker yang sama beberapa tahun sesudah pengobatan. Kanker bisa kembali menyerang di payudara yang sudah sehat (bila dulu menyerang payudara satunya), atau menyerang bagian-bagian tubuh yang lain ¾Namun ini jarang terjadi. Segera temui pekerja kesehatan terdekat seandainya Anda sudah pernah terserang kanker payudara dan sekarang Anda temukan benjolan di payudara yang masih sehat, atau muncul tanda-tanda peringatan kanker seperti dulu lagi.……….. ¨
*****

Tidak ada komentar: